Selasa, 27 Oktober 2015

Harga Honda CBR500R Bulan Maret 2016

Harga Honda CBR500R - Meskipun tahun 2016 masih beberapa bulan lagi, namun pabrikan besar otomotif roda dua sudah pada sibuk meng-upgrade para jagoannya. Ya alasannya untuk apa lagi kalau bukan supaya produknya menjadi lebih fresh dan kian menarik bagi para penggemarnya.

Di awali dari pabrikan berlambang garputala yamaha yang sebelumnya memperkenalkan YZF-R1 2016. Di susul pabrikan kawasaki dengan meluncurkan ZX-10R model 2016. Dan kini giliran pabrikan berlambang sayap mengepak honda yang memperkenalkan produk up-grade nya yakni dengan meluncurkan motor sport CBR500R untuk versi tahun 2016.

Pihak honda sendiri secara resmi memperkenalkan motor sport ini pada tanggal 15 oktober kemarin saat event American International Motorcycle Expo (AIMExpo) di Orlando Florida USA. Dan kehadiran motor baru ini sendiri langsung mengobati rasa penasaran publik yang sebelumnya dibuat begitu penasaran akan sosok dari si kuda besi ini.

Ya mau bagaimana lagi, sebelum resmi diperkenalkan ke publik, prediksi akan kehadiran dan sosok dari kuda besi ini sendiri telah muncul di majalah otomotif kenamaan asal jepang "Young Machine". Kemudian ditambah dengan hadirnya video teasernya yang tersebar di internet, sudah barang tentu membuat orang-orang pada penasaran dan menanti-nantikan hadirnya honda CBR500R 2016.

Tampilan dari new honda cbr500r versi 2016 sendiri sangatlah berbeda dengan model lamanya. Mengapa berbeda? pasalnya sekarang sosok dari sang kuda besi ini menjadi kian sporty dan juga agresive dengan sudut-sudut tajam yang banyak menghiasi bodynya.
Dan tampaknya konsep desain baru yang digunakan yakni bertemakan "Aggresive Speed Spade" benar-benar tergambar pada sosok moge honda ini. Oh ya, selain itu pihak honda sendiri juga mengatakan bahwa desain motor baru ini sendiri, terinspirasi dari desain kakak-kakaknya yakni cbr600r serta cbr1000rr.

Dan setelah ditunggu cukup lama, akhirnya motor sport ini mengaspal juga di indonesia. Tanggal 26 februari 2016 menjadi hari dimana Honda CBR500R menjadi salah satu koleksi big bike milik honda indonesia. Motor sport ini sendiri hadir di indonesia dengan 2 pilihan warna saja yakni Merah (Millenium Red), serta Hitam (Matte Gunpowder Black).
Harga Honda CBR500R
Honda CBR500R Millenium Red
Sumber : http://www.astra-honda.com/produk/kendaraan/cbr500r/
Lanjut, pihak honda sendiri telah melakukan beberapa perbaikan atau istilah kerennya perombakan pada motor sport cbr500r untuk versi 2016 ini. Yang tentu saja ini merupakan revisi dari model sebelumnya (2015). Mau tahu apa saja perombakan itu? mari kita ulas bersama.

LED Headlights

Honda cbr500r model 2016 kini mengusung lampu ganda baru. Bentuknya sendiri menjadi lebih kecil dibandingkan model terdahulu. Namun jangan salah, dengan bentuknya yang kecil justru membuat lampu tersebut menjadi kian sporty. Apalagi dengan desainnya lampu nya yang menyimpit membuat motor ini tampak sangat tajam. Dan yang paling penting teman-teman, lampu yang digunakan kini sudah LED bukan lagi Halogen. Sehingga pencahayaan semakin terang dan jelas.
Knalpot

Berbeda dengan model sebelumnya yang menggunakan knalpot berbentuk bulat dan panjang. Kini untuk versi 2016, knalpot yang digunakan lebih pendek dan besar. Atau istilah kerennya adalah Midship (Shorter Exhaust Muffler). Penggunaan knalpot baru ini sendiri bukan tanpa alasan. Dengan knalpot ini Centralisasi massa bisa diwujudkan lebih baik dan berimbas pada performa motor yang semakin optimal. Selain itu, knalpot tersebut juga telah di rancang sedemikian rupa sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih halus dan lembut.

Suspensi 

Sektor suspensi juga mendapatkan up-grade dari pihak honda. Meski masih memakai suspensi depan Fork 41 mm, namun kali ini suspensi milik cbr500r 2016 tersebut telah di suntik dengan adjustable-pre load atau kemampuan untuk bisa disetel kenyamanan sesuai dengan kebutuhan. Jadinya pengendara bisa lebih nyaman ketika berkendara.

Selain depan, revisi juga terjadi pada suspensi belakang. Untuk suspensi belakang masih sama yakni memakai tipe Pro-Link Single Shock tapi dengan pengaturan shock terbaru sehingga lebih memudahkan bagi pengendara.

Seat ( Kursi )

Perubahan selanjutnya terletak pada jok buat pengendara dan juga pembonceng. Baik jok untuk pengendara maupun pembonceng sendiri kini mengusung desain yang lebih sporty dan modern dibandingkan dengan model lama. Kemudian, untuk jok buat pembonceng sendiri, kini sudah tak lagi memakai pegangan model tanduk seperti versi 2015.

Stoplamp led 

Tak hanya lampu depan saja yang kini sudah menerapkan LED, stop lamp belakang pun kini juga sudah menerapkan lampu yang disinyalir lebih awet, hemat dan terang tersebut.

Tuas Rem 

Di new honda cbr500r 2016 ini, tuas rem nya telah mendapatkan revisi yakni bisa disetting (adjust) sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan pengendara.

Transmisi

Masih menggunakan transmisi 6 kecepatan, namun untuk versi 2016 ini kini transmisinya sudah dilakukan perbaikan sehingga terasa lebih lembut ketika dilakukan pengoperan gigi.

Tangki

Tempat penyimpanan bahan bakar alias tangki juga mendapatkan revisi dari pihak honda. Tangki tersebut kini memiliki desain yang lebih sporty dan nyaman buat pengendara. Kemudian untuk tutup tangki nya juga kini sudah menganut model rata dan telah menyatu dengan tangki ( bukan lagi model copot). Dan untuk kapasitas penampungannya masih sama yakni 15,5 liter.

Selain beberapa perubahan tersebut, part-part lain nampaknya masih dipertahankan honda pada new cbr500r  versi 2016. Misalkan pada rangka yang digunakan masih berbasis Diamond 35 mm Steel-Tube Frame. Kemudian untuk Digital Instrumennya masih sama dengan versi 2015 baik dari sisi desain serta isinya. Yakni menampilkan informasi seputar speedometer, tachometer, odometer, trip meter, jam, indikator bahan bakar serta indikator mesin.

Di sektor mesin, honda cbr500r 2016 masih memakai basis mesin sama dengan versi 2015. Yakni berkapasitas 471cc, berteknologikan DOHC (Double Over head Camshaft), 4 Katup per Silinder, 6 transmisi kecepatan dengan sistem pendinginan dengan cairan (Liquid Cooled). Mesin ini mampu mengeluarkan power maksimal sebesar 46.9 Bhp / 8500 rpm dengan torsi maksimal 43 Nm / 7000 rpm.

Kecepatan maksimal ( top speed) motor sport ini di gadang-gadang mampu mencapai 180 km/jam. Lalu dengan pengaplikasian teknologi injeksi PGM-FI dengan 34 mm throttle bodies menghasilkan tingkat konsumsi bahan bakar sebesar 27 km/liter.

Beralih ke sektor pengereman, new honda cbr500r 2016 masih mengandalkan cakram tunggal 2 kaliber piston berdiameter 320 mm tipe gelombang (wave disc) dari Nissin di area depan dan memakai cakram tunggal 1 kaliber piston berdiameter 240 mm tipe gelombang (wave disc) juga dari pabrikan Nissin untuk area belakang. Selain itu, juga tersedia teknologi ABS untuk memaksimalkan pengereman.

Dan disektor kaki, masih memakai velg cast wheel alumunium 12 jari, dimana untuk depan dibungkus dengan ban tubeless ukuran 120/70 -17 dan belakang ukuran 160/60 - 17.

Spesifikasi Honda CBR500R 2016 :

  1. DIMENSI
  • Jarak sumbu antar kedua roda adalah 1410 mm.
  • Kapasitas tangki bahan bakar dalam kondisi penuh (full) : 15,5 liter.
  • Jarak terendah ke permukaan tanah 140 mm.
  • Tinggi jok / tempat duduk adalah 784.8 mm.
  • Kecepatan maksimal (top speed) mencapai 180 km/jam.
  • Konsumsi bahan bakar yakni 27 km/liter.
  • Berat basah : 192.7 kg.
       2. RANGKA
  • Rangka tipe Diamond 35 mm Steel-Tube Frame.
  • Suspensi depan memakai 41 mm fork ; 4,3 inches travel, sedangkan suspensi belakang menggunakan tipe Pro-Link Single Shock dengan 9 posisi kenyamanan yang bisa diatur sesuai dengan keinginan: 4,7 inches travel.
  • Rem depan memakai cakram tunggal 2 kaliber piston berdiameter 320 mm tipe gelombang (wave disc) dari Nissin. Kemudian untuk rem belakang memakai cakram tunggal 1 kaliber piston berdiameter 240 mm tipe gelombang (wave disc) juga dari pabrikan Nissin.
  • Ban depan berukuran 120/70 -17 & ban belakang berukuran 160/60 - 17.
      3. MESIN
  • Tipe mesin 471cc, DOHC (Double Over head Camshaft), 4 Katup per Silinder, 6 transmisi kecepatan dengan sistem pendinginan dengan cairan (Liquid Cooled).
  • Diameter x Langkahnya : 67 mm x 66,8 mm.
  • Perbandingan komprehensi rasio mesin : 10,7 : 1.
  • Sistem pengapian : Computer - Controlled Digital Transistorized with Electronic Advance.
  • Sistem bahan bakar nya : PGM-FI dengan 34 mm throttle bodies.
  • Power maksimal yang dihasilkan mencapai 46.9 Bhp / 8500 rpm dengan torsi maksimal 43 Nm / 7000 rpm.

Harga Honda CBR500R - Bulan Maret 2016 :

  • Harga Baru      Rp. 144.000.000 (OTR Jakarta).

    Rabu, 21 Oktober 2015

    Harga KTM RC250 Bulan Maret 2016

    Harga KTM RC250 - Setelah sebelumnya dirilis pertama kali di negara sakura jepang, kini jagoan terbaru dari KTM akhirnya sudah merambah ke negara indonesia. Lewat PT KTM Motor Indonesia (KTMI), motor yang diberi nama RC250 pun kini sudah resmi mengaspal di tanah air.

    Tepat pada tanggal 21 Agustus 2015 kemarin, motor ini diluncurkan bersamaaan dengan motor lainnya yakni Duke 250 saat acara pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015.

    RC250 bakal menjadi penantang baru diranah kelas 250cc melawan motor besutan pabrikan lainnya yang sudah terlebih dahulu mengaspal di indonesia yakni Ninja 250 RR Mono besutan kawasaki, serta CBR250R dari honda yang notabennya sama-sama 1 silinder.

    Bagi kawan-kawan yang sudah pernah melihat penampakan dari KTM RC200 dan RC390 yang sudah terlebih dahulu masuk indonesia. Ya seperti itulah tampang dari motor berfairing baru KTM ini. RC250 memang mempunyai tampilan yang persis sama dengan kedua saudaranya tersebut.

    Namun rasanya memang tak perlu kaget lagi, soalnya jika kita menelisik produk-produk dari pabrikan  yang berpusat di negara austria tersebut, memang kebanyakan pada punya tampilan yang sama antara satu dengan lainnya.

    Untuk bertarung melawan para lawannya di indonesia, RC250 sudah dibekali oleh pihak KTM dengan berbagai keunggulan, seperti sektor pencahayaan yang sudah menggunakan lampu jenis LED. Kemudian sasis teralis berbahan baja yang dipakai untuk membangun motor fairing ini, lentur dan juga kuat.

    Dan yang menarik, sasis tersebut mengadopsi dari sasis yang dipakai oleh motor balap KTM diajang Moto3. Dan pemakaian sasis ini tak hanya memberikan kestabilan saat berkaselerasi tapi juga mampu berkontribusi dalam pengurangan massa sehingga berat motor ini hanya 147 kg (paling ringan dibanding para pesaingnya).

    Harga KTM RC250
    KTM RC250
    Sumber : http://www.ktm-japan.co.jp/lineup/model/rc250#specification

    Kemudian ada juga suspensi WP Inverted Fork / Upside Down berdiameter 43 mm di bagian depan & WP Monoshock dibagian belakang. Pemakaian suspensi depan upside down didepan menjadi kelebihan mengingat para lawannya seperti Ninja RR Mono, CBR250 masih setia menggunakan suspensi jenis Teleskopik.

    Lanjut ke sektor dapur pacu, motor fairing ini menggendong mesin berkapasitas  248,8cc, 1 Silinder, 4 Katup, DOHC, bersistem pendinginan cairan (Liquid Cooled). Dengan sistem pengapian BOSCH EMS power maksimal yang dihasilkan engine tersebut adalah 23 KW (31,3 HP) / 9000 rpm dengan torsi maksimal sebesar 24 Nm / 7250 rpm.

    Dengan transmisi 6 kecepatan yang dipadukan dengan kopling tipe Anti-Hopping Slipper Clutch Wet Multiplate, mampu membuat motor ini berlari hingga kecepatan maksimal (top speed) dikisaran angka sekitar 150 km/jam. Selain cepat, motor ini juga terbilang hemat dalam penggunaan bahan bakar mengingat mesinnya sudah mengaplikasikan teknologi BOSCH-Made Electronic Control Fuel Injection.


    Harga KTM RC250
    KTM RC250
    Sumber : http://www.ktm-japan.co.jp/lineup/model/rc250#specification

    Kelebihan lainnya dari KTM RC250 adalah penggunaan velg 10 jari warna orange berukuran 3.00 x 17" di depan & 4.00 x 17" dibelakang.  Dimana ban Pirelli lah yang dipilih untuk membungkus velg tersebut, dengan ukuran ban depan 110/70 ZR-17 (tubeless) dan ban belakang berukuran 150 / 60ZR-17(tubeless).

    Lalu untuk sektor pengereman, motor sport ini mengaplikasikan cakram tunggal berdiameter 300 mm (BOSCH 9M ABS) di depan & cakram tunggal berdiameter 230 mm di belakang (BOSCH 9M ABS). Dengan ukuran cakram tersebut, menjadikan motor sport ini sebagai motor yang punya ukuran cakram terbesar dikelasnya.

    Selain kelebihan, KTM RC250 ini juga punya kekurangan diantaranya adalah kapasitas bahan bakarnya yang hanya sanggup menampung 10 liter saja (yang lain lebih dari itu). Selain itu harga yang dibanderol juga dirasa terlalu mahal jika disandingkan dengan para lawannya.

    Spesifikasi KTM RC250:

    1. DIMENSI 
    • Panjang keseluruhan yakni 1995 mm.
    • Lebarnya : 705 mm.
    • Tinggi mencapai 1099 mm.
    • Kapasitas tangki bahan bakar penuh (full) adalah 10 liter.
    • Berat kosong motor (tanpa bahan bakar penuh) adalah 147 kg.
    • Tinggi jok atau tempat duduk adalah 820 mm.
    • Jarak terendah ke tanah adalah 178,5 mm.
    • Jarak sumbu antar kedua roda : 1340 mm +/- 15 mm.
    • Sudut kemudi : 66,5 derajat.
            2. MESIN
      • Berkapasitas 248,8cc, 1 Silinder, 4 Katup, DOHC, Transmisi 6 kecepatan bersistem pendinginan cairan
      • Ukuran bore x stroke : 72 mm x 61,1 mm.
      • Perbandingan komprehensi rasionya adalah 12,5 :1.
      • Sistem suplay bahan bakar yang dipakai BOSCH-Made Electronic Control Fuel Injection.
      • Sistem pengapian BOSCH Made EMS.
      • Power maksimal yang dihasilkan adalah 23 KW (31,3 HP) / 9000 rpm dengan torsi maksimal sebesar 24 Nm / 7250 rpm.
      • Primary Reduction Ratio / Secondary Reduction Ratio : 30:80 / 14 : 46.
      • Kopling : Anti-hopping Slipper Clutch Wet Multiplate.
            3. RANGKA
      • Jenis rangka yang digunakan untuk membangun tipe Trellis Frame (powder-coated).
      • Sub frame : Baja.
      • Setang kemudi memakai tipe Steel Clip-on Handle.
      • Suspensi depan menggunakan tipe WP Inverted Fork berdiameter 43 mm, sedangkan bagian belakang memakai suspensi WP Monoshock.
      • Suspension stroke bagian depan 125 mm, sedangkan belakang 150 mm.
      • Rem bagian depan menggunakan Cakram tunggal berdiameter 300 mm (BOSCH 9M ABS) & rem belakang menggunakan cakram tunggal berdiameter 230 mm (BOSCH 9M ABS).
      • Roda depan berukuran 3.00 x 17" & belakang 4.00 x 17".
      • Menggunakan ban Pirelli dengan ukuran ban depan 110/70 ZR-17 (tubeless), sedangkan belakang berukuran 150 / 60ZR-17(tubeless).
      • Peredam di knalpot memakai bahan baja stainless.

      Harga KTM RC250 - Bulan Maret 2016:

      • Harga baru                                             Rp 74.500.000

        Sabtu, 17 Oktober 2015

        Harga Yamaha Vega Force Terbaru Bulan Maret 2016

        Harga Yamaha Vega Force  -  PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tak pernah surut dalam menelurkan produk-produk barunya ke tanah air. Dan kali ini, pabrikan yang berlambang garputala tersebut menghadirkan produk baru berupa motor bebek yang diberi nama yamaha vega force. Bertempat di salah satu kawasan di jakarta timur, motor baru ini resmi diluncurkan dan telah sah mengaspal di jalanan indonesia tanggal 4 september 2015.

        Nama "Vega Force" pasti langsung membuat kalian bertanya-tanya. Bukankah itu adalah nama dari dua produk motor bebek yamaha ? kenapa namanya bisa dijadikan satu dalam motor ini?. Ya, jawabannya simple saja, motor terbaru ini sesungguhnya merupakan motor gabungan atau istilah kerennya fusion antara yamaha vega dan juga yamaha force.

        Kehadiran motor anyar yamaha ini sendiri akan menjadi penerus sekaligus penanda berakhirnya sepak terjang kedua motor bebek yamaha sebelumnya yakni force dan vega. Yamaha vega force sendiri dilepas kepasar indonesia dengan 3 varian tipe yakni CW, SW dan DB. Kemudian untuk warna pilihannya sendiri ada 4 yakni Flaming Red, Elite Black, Energetic White dan terakhir Fusion Blue.

        Desain

        Bicara soal desain, motor yamaha vega force secara keseluruhan lebih mengadopsi tampilan dari yamaha force bukan dari vega. Desainnya kecil, ramping dan sporty. Kemudian dari ukuran dimensi P x L x T pun serupa yakni panjang 1940 mm, lebar 715 mm dan tinggi 1075 mm. Lalu bagian-bagian seperti lampu, bentuk sein, knalpot, velg serta bagian-bagian lain sama persis dengan milik force.

        Mesin

        New Yamaha Vega Force menggendong mesin dengan kapasitas 114cc, Single Silinder / posisi mendatar, SOHC (Single Overhead Camshaft), 4 Langkah, Transmisi 4 Kecepatan bersistem pendinginan udara. Memiliki ukuran diameter x langkahnya : 50 mm x 57,9 mm dengan perbandingan komprehensi rasio  9,3 : 1. Dan menariknya, mesin tersebut juga telah mengalikasikan forged piston sehingga mampu mendongkrak performa menjadi lebih maksimal.

        Tak hanya itu saja, mesin tersebut juga telah menerapkan teknologi Fuel Injection yamaha sehingga tingkat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit/hemat. Dan lebih menariknya lagi, motor ini telah lulus uji emisi EURO 3. Diatas kertas, motor bebek ini memiliki daya maksimal sebesar 6,41 kW / 7000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 9,53 Nm / 5500 rpm.

        Dan jika ditelisik ternyata spesifikasi mesin ini lebih mengarah kepada mesin yamaha force, bukan yamaha vega. Atau bisa dibilang mesin yang digunakan mengadopsi milik yamaha force. Kemudian untuk kapasitas bahan bakar yang bisa ditampung sendiri mencapai 4 liter (sama seperti milik yamaha vega).
        Harga Yamaha Vega Force
        Yamaha Vega Force Flaming Red


        Harga Yamaha Vega Force
        Yamaha Vega Force Elite Black

        Harga Yamaha Vega Force
        Yamaha Vega Force Energetic White

        Harga Yamaha Vega Force
        Yamaha Vega Force Fusion Blue
        Sumber Gambar : http://www.yamaha-motor.co.id/vega-force/color.html

        Rangka

        Motor bebek baru yamaha ini dibangun dengan rangka yang sama seperti generasi sebelumnya yakni Steel Underbone. Menerapkan suspensi depan teleskopik & belakang Lengan Ayun suspensi ganda. Kemudian menggunakan ban dengan ukuran 70/90 - 17 M/C 38P di depan dan ukuran 80/90 - 17 M/C 44P belakang.

        Pengereman 

        Seperti yang sudah dikatakan diatas, yamaha vega force terbagi menjadi 3 varian yakni CW, SW dan DB. Maka untuk sektor pengereman pun berbeda sesuai dengan tipenya. Untuk CW menggunakan velg cast wheel dengan rem cakram didepan dan tromol di belakang. SW menggunakan velg jari dengan rem cakram di depan dan tromol dibelakang. Kemudian untuk DB menggunakan velg jari menggunakan rem tromol di depan dan belakang.


        Fitur

        Motor New Yamaha Vega Force dibekali dengan fitur-fitur yang sangat berguna buat pengendara. Seperti ada bagasi dengan kapasitas luas hingga  9,2 liter (seperti milik yamaha force). Kemudian ada
        Kunci Starter yang dilengkapi dengan pengaman dan tombol penutup yang praktis untuk menghindari pencurian. Terus ada speedometer dengan desain baru dan modern, dimana di dalamnya ada indikator kecepatan, indikator bahan bakar dan sudah ada indikator gigi.

        Spesifikasi Yamaha Vega Force:

        1. DIMENSI
        • Panjang x Lebar x Tinggi : 1940 mm x 715 mm x 1075 mm (Disk Brake) 
        • Panjang x Lebar x Tinggi : 1940 mm x 710 mm x 1075 mm (Drum Brake) 
        • Jarak sumbu antar kedua roda adalah 1235 mm.
        • Jarak terendah ketanah 155 mm.
        • Tinggi tempat duduk nya adalah 775 mm.
        • Berat kosong motor : 96 kg.
        • Kapasitas tangki bahan bakar dalam keadaan penuh (full) ialah 4 liter.
              2. MESIN
        • Tipe mesin : Single Silinder / posisi mendatar, SOHC (Single Overhead Camshaft), 4 Langkah bersistem pendinginan udara.
        • Volume silinder : 114 cc.
        • Diameter x langkahnya : 50 mm x 57,9 mm.
        • Perbandingan komprehensi rasio :  9,3 : 1.
        • Daya maksimum yang dikeluarkan 6,41 kW / 7000 rpm dengan torsi maksimum 9,53 Nm / 5500 rpm.
        • Sistem starter yang dimiliki ada 2 yakni Eletrik dan Kick Starter.
        • Sistem pelumasan mesin "Basah" dengan kapasitas oli pelumas mesin ialah 1 liter (total) & 0,8 liter untuk setiap pergantian berkala.
        • Sistem bahan bakar yang dipakai adalah Fuel Injection.
        • Tipe transmisi 4 kecepatan , Constant Mesh dimana pola transmisinya N - 1 - 2 - 3 - 4. 
              3. RANGKA
        • Dibangun dengan rangka tipe Steel Underbone.
        • Suspensi depan menggunakan tipe Teleskopik, sedangkan suspensi belakang memakai Lengan Ayun, Suspensi Ganda.
        • Rem depan Cakram, dan rem belakang tromol
        • Ukuran ban depan 70/90 - 17 M/C 38P, lalu ban belakang berukuran 80/90 - 17 M/C 44P.

          Harga Yamaha Vega Force - Bulan Maret 2016:

          • Harga Yamaha Vega Force CW                   Rp. 14.450.000
          • Harga Yamaha Vega Force SW                    Rp. 13.550.000
          • Harga Yamaha Vega Force DB                    Rp. 12.950.000

          Sabtu, 10 Oktober 2015

          Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja ZX-10R 2016

          Harga Kawasaki Ninja ZX-10R 2016 - Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga kawan. Ya, setelah sebelumnya banyak dibicarakan dan dinanti-nanti oleh para pecinta otomotif di berbagai penjuru dunia, akhirnya model zx 10r untuk tahun 2016 telah resmi dipublikasikan.

          New kawasaki zx-10r versi 2016 ini resmi dibuka secara gamblang kain penutupnya di negeri matador, Spanyol. Dan ternyata eh ternyata setelah dilihat, secara garis besar sosoknya itu tak banyak yang berubah alias masih menganut konsep desain dari model sebelumnya. Ya, cuma ada beberapa desain yang tampaknya direvisi sih.

          Kemudian, dengan desain nya yang masih mengikuti konsep model sebelumnya, sudah barang tentu hal ini langsung menepis prediksi dari majalah kenamaan asal jepang "Young Machine" yang sebelumnya menggambarkan, bahwa sosok dari si sang kuda besi ini nantinya akan berubah & menganut basis desain dari si supercharger kawasaki, ninja H2. Tapi andaikan benar-benar berubah layaknya H2 sih tidak apa-apa, malah justru semakin bagus dan juga keren.


          Harga Kawasaki Ninja ZX-10R 2016
          Kawasaki Ninja ZX-10R 2016
          Sumber : http://www.kawasaki.eu/en/products/supersport/2016/ninja_zx-10r_krt_replica/multimedia?Uid=07D2DV4NX1AKUF5YDFlbXFxaUQkKXl9bXlhaW1tZXlxcWw0
          Untuk versi 2016 ini, bisa dibilang istimewa kawan-kawan. Mengapa? pasalnya, tak seperti sebelum-sebelumnya dimana perubahan tiap tahunnya hanya ganti wajah / tampang saja, kali ini kawasaki membangun ninja zx-10r ini dengan banyak melakukan revisi atau perubahan. Lantas apa saja ya revisi-revisi tersebut? ayo kita ulas bersama.

          Desain

          Seperti yang sudah saya bilang diawal tadi, konsep desain yang dianut oleh ninja zx-10r versi 2016 masih sama seperti model pendahulunya. Hanya saja ada beberapa bagian yang tampaknya dirombak guna mendongkrak tampilannya agar menjadi kian sporty dan futuristik.

          Bagian-bagian yang berubah diantaranya desain kepala (head) yang mana sekarang tak terlalu meruncing dan desain matanya juga semakin tajam. Lalu juga sekarang windshield (kaca pelindung) nya telah menyatu dengan fairing depan layaknya motor balap. Speedometer dengan tambahan menu baru. lalu spakbor depan kian sporty dengan adanya lubang udara.

          Lanjut ke bagian belakang, tak seperti model sebelumnya bentuk buritan kini menjadi lebih lancip dan aura sporty sangat kental terasa. Kemudian untuk versi 2016 ini muffler alias knalpot nya sendiri telah didesain ulang dengan bentuk yang lebih kecil dan ramping bermaterialkan titanium.



          Mesin

          Meskipun masih sama yakni menggendong mesin berkapasitas 998cc, 4 Silinder, 4 Tak, 4 Katup, teknologi DOHC (Double Over Head Camshaft) bersistem pendinginan cairan (Liquid Cooled). Namun untuk ninja zx-10r versi 2016, dapur pacu nya telah mendapatkan update yang cukup siginifikan.

          Beberapa diantaranya adalah digunakannya silinder head dan crank baru yang lebih ringan 20 % dari pendahulunya, piston baru yang lebih ringan dan pendek serta lebih tahan terhadap panas, ruang pembakaran baru, intake dan knalpot titanium baru, revisi profil cam, dinding silinder dibuat menjadi lebih tebal, air box baru dengan volume 60% lebih luas, serta perbaikan pada pipa pendingin. 

          Dan hasilnya bisa langsung ditebak, performa dari kawasaki ninja zx-10r versi 2016 pun menjadi semakin meningkat. Diatas kertas, motor supersport ini memiliki power maksimal mencapai 147.1 kW (200 PS) / 13000 min ( dengan RAM Air mencapai 154.4 kW (210 PS) / 13000 min) dengan torsi maksimal  sebesar 113.5 Nm (11.6 kgf.m) / 11500 min. Oh ya, dengan revisi ini juga lah mengantarkan motor ini lulus dalam uji emisi EURO 4.

          Harga Kawasaki Ninja ZX-10R 2016
          Kawasaki Ninja ZX-10R 2016
          Sumber : http://www.kawasaki.eu/en/products/supersport/2016/ninja_zx-10r_krt_replica/multimedia?Uid=07D2DV4NX1AKUF5YDFlbXFxaUQkKXl9bXlhaW1tZXlxcWw0

          Rangka

          Kawasaki ninja zx-10r versi 2016 dibangun dengan rangka yang sama seperti pendahulunya yakni tipe Alumunium Perimeter. Hanya saja untuk versi terbaru ini, rangkanya telah mendapatkan revisi dimana posisi mesinnya sekarang dibuat 7,5 mm lebih dekat kepada pengendara. Hal ini dimaksudkan supaya beban itu lebih condong ke area depan sehingga motor menjadi lebih stabil serta menjadi lebih leluasa ketika menikung atau berbelok.

          Revisi pun tak sampai itu saja kawan, bagian Swing Arm (Lengan Ayun) pun juga tak luput dari ubahan. Swing Arm yang digunakan kini telah dipanjangkan 15,8 mm, yang mana berimbas pada jarak sumbu roda yang semakin panjang 12 mm. Hal ini ditujukan agar bobot bisa lebih terkonsentrasi ke area depan, sehingga membuat motor menjadi lebih stabil utamanya saat melakukan pengereman dan juga ketika melewati tikungan.



          Suspensi 

          Tak seperti pendahulunya, kini kawasaki ninja zx-10r versi 2016 mengaplikasikan suspensi baru hasil pengembangan dari tim Kawasaki dan Showa di World Superbike Racing. Suspensi depan memakai Inverted Balanced Free Fork (BFF) berukuran 43 mm dengan gas canister, yang mana bisa diatur / disesuaikan kompresi dan rebound nya sesuai dengan kebutuhan.

          Kemudian untuk suspensi belakang menggunakan Balanced Free Rear Cushion (BFRC) yang juga hasil join team kawasaki dan pabrikan Showa. Dan layaknya depan, suspensi belakang juga bisa disesuaikan kompresi dan rebound nya sesuai dengan kebutuhan pengendara.

          Harga Kawasaki Ninja ZX-10R 2016
          Kawasaki Ninja ZX-10R 2016
          Sumber : http://www.kawasaki.eu/en/products/supersport/2016/ninja_zx-10r_krt_replica/multimedia?Uid=07D2DV4NX1AKUF5YDFlbXFxaUQkKXl9bXlhaW1tZXlxcWw0
          Rem

          Sektor pengereman juga mendapatkan revisi dari kawasaki. Berbeda dengan zx-10r versi 2015, ninja zx-10r model 2016, dibekali dengan rem cakram baru. Di sektor depan menggunakan cakram ganda 4 kaliber piston berdiameter 330 mm dari Brembo, sedangkan sektor belakang dipersenjatai dengan cakram tunggal 1 kaliber piston berdiameter 220 mm dari pabrikan Nissin. Dan tak ketinggalan, ada juga Teknologi KIBS (Kawasaki-Intelligent Anti-Lock Braking System) untuk pengereman yang maksimal.

          Ban 

          Ninja zx-10r 2016 masih menggunakan velg alumunium pola tiga jari dengan ukuran 17 inchi sama seperti pendahulunya. Hanya saja daerah pemasangan rem telah direvisi yang bertujuan untuk meningkatkan stabilitas motor. Dan yang menarik, ternyata ubahan tersebut menganut konsep pengereman yang dimiliki oleh motor nomer wahid milik kawasaki yakni ninja H2 dan H2R.

          Tak sampai itu saja kawan, selain pengereman, Kawasaki ninja zx-10r versi 2016 juga  mengadopsi jenis ban yang sama dengan H2 dan H2R yakni Bridgestone Battlax RS10. Yang mana ukurannya masih sama seperti model 2015 yakni depan 120/70 ZR17 & belakang 190/55 ZR17.

          Electronic

          Kawasaki ninja zx-10r model 2016 ini dibekali dengan elektronik terbaru seperti Bosch IMU (Inertial Measurement Unit), Kawasaki Launch Control Mode (KLCM), Kawasaki Engine Brake Control (KEBC), Kawasaki Quick Shifter (KQS), Sport-Kawasaki TRaction Control (S-KTRC), Kawasaki Intelligent Anti-Lock Braking System (KIBS), Ohlins Electronic Steering Damper serta ada Engine Power Mode.

          Spesifikasi Kawasaki ZX-10R 2016:

          1. DIMENSI
          • Panjang keseluruhan motor adalah 2090 mm.
          • Lebar keseluruhan 740 mm .
          • Tinggi nya mencapai 1,145 mm .
          • Jarak terendah ketanah adalah 145 mm .
          • Jarak sumbu antar kedua roda adalah  1440 mm.
          • Tinggi tempat duduk atau jok adalah 835 mm .
          • Berat kosong motor ialah 206 kg.
          • Kapasitas bahan bakar dalam kondisi penuh adalah 17 liter.
                2. RANGKA
          • Dibangun dengan menggunakan rangka tipe Alumunium Perimeter.
          • Suspensi depan menggunakan tipe 43 mm Inverted Balanced Free Fork, Adjustable stepless rebound and compression damping, spring preload adjustability / 4.7 in.
          • Suspensi belakang menggunakan Horizontal Back-Link with balance free gas-charged Shock, stepless, dual-range (low-/high-speed) compression damping , stepless rebound damping, fully adjustable spring preload / 4.5 in.
          • Ukuran roda depan : 120/70 ZR17 sedangkan untuk roda belakang : 190/55 ZR17.
          • Rem depan : Cakram ganda 4 kaliber piston berdiameter 330 mm dari Brembo serta dilengkapi pula dengan teknologi KIBS & ABS.
          • Rem belakang : Teknologi KIBS dengan cakram tunggal 1 kaliber piston berdiameter 220 mm.
                3. MESIN
          • Tipe mesin : 998cc, 4 Silinder, 4 Tak, 4 Katup, teknologi DOHC (Double Over Head Camshaft) bersistem pendinginan cairan (Liquid Cooled).
          • Diameter x langkah nya : 76 mm x 55 mm.
          • Perbandingan komprehensi rasio : 13 : 1.
          • Sistem Bahan Bakar yang digunakan DFI dengan 4 x 47 mm Keihin Trottle Bodies with oval sub-throttles, 2 Injector per Silinder.
          • Sistem pengapian : TCBI with digital advance and sport -kawasaki traction control (S-KTRC).
          • Power maksimal yang dihasilkan mencapai 147.1 kW (200 PS) / 13000 min ( dengan RAM Air mencapai 154.4 kW (210 PS) / 13000 min.
          • Torsi maksimal : 113.5 Nm (11.6 kgf.m) / 11500 min. 
          • Emisi CO2 : 162 g/km.
          • Konsumsi bahan bakar : 5.9 L / Km.
          • Tipe transmisi 6 kecepatan, sealed chain.
          • Electronic Rider Aids : Kawasaki Launch Control (KLCS), Kawasaki Intelligent Braking (KIBS), Kawasaki Sport Traction Control (S-KTRC), Kawasaki Engine Braking Control (KEBC), Quick Shifter (KQS).

          Harga Kawasaki ZX-10R 2016:

          • Motor supersport besutan kawasaki ini dibanderol dengan harga $16,299. Atau jika dikurs kan kerupiah sekitar Rp 219 juta rupiah.

          Minggu, 04 Oktober 2015

          Harga Benelli Tornado TNT 250 Bulan Maret 2016

          Harga Benelli Tornado TNT 250 - Pasar otomotif tanah air, utamanya segmen sepeda motor roda dua tampaknya akan semakin memanas kawan-kawan. Mengapa? pasalnya PT Benelli Motor Indonesia beberapa waktu yang lalu telah menghadirkan produk terbarunya yang mereka beri nama Tornado TNT 250.

          Motor yang berpenampilah bak moge  ini resmi menjajakan kakinya di tanah air setelah resmi di launching di PRJ 2015 di jakarta. Bermain di kelas 250cc, motor Benelli Tornado TNT 250 ini nantinya bakal bersaing dengan produk kompetitor yang terlebih dulu ada di indonesia seperti kawasaki z250, suzuki inazuma 150 serta produk yang sedang ramai dibicarakan yakni yamaha mt 25.

          Meskipun notabennya adalah produk baru, namun pastinya tak akan mudah bagi Benelli Tornado 250 untuk bisa bersaing bersama dengan produk-produk yang namanya sudah sangat melekat oleh masyarakat indonesia. Untuk itu, pihak benelli sendiri sudah membekali produknya ini dengan berbagai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan kompetitornya. Lantas Apa sajakah itu?

          Lampu

          Sektor penerangan tampaknya sangat diperhatikan pada motor besutan benelli ini. Di sektor depan, Tornado TNT 250 dilengkapi dengan lampu tunggal ukuran besar dengan bentuk trapesium. Dimana ada 4 buah lampu yang bertipe HID. Kemudian lampu sein nya yang modelnya meruncing juga sudah menerapkan lampu LED.

          Lanjut ke sektor belakang, ada stoplamp serta lampu sein yang semuanya sudah menerapkan lampu LED. Lalu tersedia juga lampu khusus buat penerangan plat motor.

          Mesin

          Dibangun dengan rangka jenis twinspar model teralis, Benelli Tornado TNT 250 menggendong mesin berkapasitas 249cc, DOHC (Double Overhead Camshaft), 4 Tak, 2 Silinder dengan sistem pendinginan cairan (Liquid Cooled). Memiliki diameter x langkah 61 mm dan 42,7 mm, mesin ini mampu mengeluarkan power maksimal sebesar 23.5 kW / 12000 rpm dengan torsi maksimal 20 Nm / 9000 rpm. Kemudian ,dengan tipe transmisi 6 kecepatan, motor ini bisa digeber hingga kecepatan maksimal / top speed sekitar 160 km/jam. Layaknya motor kelas 250 cc lainnya, motor ini hanya memiliki satu starter yakni Electric Starter.



          Suspensi

          Untuk urusan suspensi, Benelli Tornado TNT 250 cenderung mengaplikasikan model yang berbeda dengan para kompetitornya. Suspensi model upside down 41 mm dipilih untuk menghiasi sektor depan. Dan asal kalian tahu saja ya, sejauh ini dikelas 250cc belum ada yang menggunakan model upside down ini dan kebanyakan menggunakan model teleskopik. Atau boleh dikata, motor inilah yang menjadi motor pertama yang menggunakan suspensi upside down dikelas 250cc di di indonesia.

          Kemudian untuk di area belakang, suspensi yang dipilih adalah monoshock. Tapi berbeda dengan kompetitornya yang kebanyakan menggunakan monoshock bergaya tegak, Benelli Tornado TNT 250 ini mengusung suspensi model miring yang diletakkan disamping kanan. Serupa seperti yang ada pada motor besutan kawasaki yakni ER6N serta Ninja 650.
          Harga Benelli Tornado TNT 250
          Benelli Tornado TNT 250
          Sumber Gambar : http://www.benelli.co.id/heavy-vehicles/tnt-250.html
          Ban

          Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Benelli Tornado TNT 250 ini adalah pada ukuran ban yang digunakan. Memilih ban tubeless dari Swallow, motor sport naked ini menggunakan ban dengan ukuran yang besar, bahkan lebih besar dari para kompetitornya. Ukuran bannya sendiri adalah 120/70 - 17 untuk yang depan dan 160/60 - 17 untuk belakang.

          Rem

          Pihak Benelli membekali Tornado TNT 250 ini sektor pengereman yang mumpuni dibandingkan dengan para kompetitornya. Lihat saja kawan, disektor depan melekat cakram ganda yang berdiameter 260 mm. Berbeda kan dengan milik kompetitor yang selama ini cuma memakai cakram tunggal?. Terus untuk area belakang terpasang cakram tunggal model gelombang (disc wave) berdiameter 240 mm.



          Knalpot

          Knalpot menjadi salah satu keunggulan lain dari motor besutan benelli ini dibandingkan dengan para kompetitornya. Knalpot yang digunakan ukurannya pendek dengan model underbelly / midship yakni diletakkan di bawah mesin. Ya mirip seperti yang ada pada motor-motor gede (Moge). Berbeda sama milik kompetitor yang mengusung model knalpot standart yang panjang.

          Untuk pemberi informasi pengendara, motor dengan berat 196 kg ini dilengkapi dengan panel meter gabungan antara analog dan digital. Lalu untuk kenyamanan pengendara dilengkapi juga dengan jok model menyatu yang empuk dan nyaman. Benelli Motor Indonesia sendiri menawarkan 3 pilihan warna untuk motor besutannya ini yakni warna putih, merah dan terakhir hitam.

          Spesifikasi Benelli TNT 250:

          1. DIMENSI
          • Panjang keseluruhan body motor adalah  2115 mm.
          • Tinggi mencapai 1130 mm.
          • Lebar nya yakni 800 mm.
          • Jarak sumbu antar roda 1405 mm.
          • Berat kosong motor adalah 196 kg.
          • Kapasitas tangki bahan bakar saat kondisi penuh adalah 16 liter.
                2. MESIN
          • 249cc, DOHC, 4 Tak, 2 Silinder, bersistem pendinginan cairan.
          • Diameter x langkah : 61 mm x 42,7 mm.
          • Tipe transimi yang dipakai ialah 6 kecepatan, Constant Mesh.
          • Perbandingan rasio komprehensi 12:1.
          • Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 23.5 kW / 12000 rpm dengan torsi maksimal 20 Nm / 9000 rpm.
          • Sistem starter hanya tersedia 1 saja yakni Electric Starter.
                3. RANGKA
          • Dibangun dengan rangka jenis twinspar dengan model teralis.
          • Suspensi depan : Upside Down Inverted Hydrolic Damping berdiameter 41 mm, suspensi belakang : Monoshock with Spring Preload Adjusment.
          • Rem depan memakai cakram ganda berdiameter 260 mm, sedangkan belakang menggunakan rem cakram tunggal berdiameter 240 mm.
          • Ukuran roda yang digunakan adalah 120/70 - 17 untuk yang depan dan 160/60 - 17 untuk belakang.

          Harga Benelli TNT 250 - Bulan Maret 2016:

          • Harga Baru                              Rp. 45.800.000
          Baca juga harga benelli zenzero 150 terbaru di indonesia.